Beberapa Faktor Keruntuhan Kerajaan Singasari

Terdapat banyak faktor keruntuhan Kerajaan Singasari. Kerajaan yang dulunya sempat berjaya di tanah Jawa tersebut akhirnya mencapai keruntuhan oleh karena beberapa faktor tersebut. Runtuhnya Kerajaan Singosari menciptakan babak baru di mana saat itu Raden Wijaya yang merupakan menantu Kertanegara berhasil selamat dari maut.

Raden Wijaya saat itu diampuni oleh jayakatwang dan diberi sebidang tanah di area hutan tarik yang berikutnya didirikan Desa bernama Majapahit. Dari Desa itulah kelak akan berubah dan berkembang jadi kerajaan paling besar di nusantara, yaitu Kerajaan Majapahit. Berikut ini akan dijelaskan beberapa faktor keruntuhan dari kerajaan Singosari yang perlu diketahui.



Inilah Faktor Keruntuhan Kerajaan Singasari

Faktor Keruntuhan Kerajaan Singasari

Faktor keruntuhan Kerajaan Singasari hingga akhirnya menyebabkan mundurnya kerajaan tersebut di tahun 1292 masehi yaitu Jayakatwang yang merupakan raja di daerah Kediri melakukan pemberontakan. Nyatanya Kerajaan Singosari saat itu dapat ditaklukkan dan Kertanegara dibunuh. Hal itu terjadi karena pasukan sebagian besar dikirim untuk melakukan ekspedisi pamalayu.

Dengan hanya sedikitnya pasukan yang ada di daerah kerajaan, tentunya hal itu akan memudahkan bagi Jayakatwang untuk melakukan pemberontakan. Beberapa keluarga yang berada di istana kemudian melarikan diri yang kemudian mendirikan kerajaan bernama Majapahit.

Saat itu Jayakatwang naik tahta dan menjadi Raja Singosari. Ketika penyerangan tersebut kemudian Raden Wijaya yang merupakan menantu Kertanegara lolos serta menyelamatkan diri ke daerah Madura dan mendapatkan pertolongan dari seorang Bupati Sumenep yang bernama Arya Wiraraja. Faktor keruntuhan Kerajaan Singosari yang satu ini memang tidak bisa terelakkan. Baca juga cara Download Game Iso PPSSPP yang mudah.

Bersamaan dengan persiapan untuk menjalankan Kediri, pasukan dari Kubilai Khan datang untuk menjelang Kerajaan Singosari. Mereka saat itu masih menyangka bahwa Singosari dipimpin oleh Kertanegara yang telah menghinanya. Kesempatan tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh Raden Wijaya yang untuk selanjutnya mereka bergabung dengan pasukan Kubilai Khan menyerang Singosari.

Akhirnya dengan mudah pasukan gabungan antara pasukan Raden Wijaya dan tentara Mongol sukses melumpuhkan Singosari. Setelah sukses menaklukkan kerajaan yang disertai dengan tewasnya Jayakatwang, pasukan Mongol berpesta merayakan kemenangan mereka. Namun tetapi tanpa diketahui, Raden Wijaya menyerang pasukan Mongol tersebut. Inilah babak yang menjadi faktor keruntuhan Kerajaan Singasari.

Pasukan dari Mongol itu hancur dan kemudian beberapa yang masih selamat pulang kembali ke negara mereka. Kemudian di tahun 1293 Raden Wijaya akhirnya membangun sebuah kerajaan baru bernama Majapahit. Itulah rangkuman faktor-faktor apa saja yang telah menyebabkan keruntuhan Kerajaan Singasari.

Kerajaan Singosari memang merupakan salah satu raja yang pernah berjaya di tanah Jawa khususnya di sini daerah Jawa Timur. Banyak sekali peninggalan yang menyebutkan tentang keberadaan dan kejayaan dari kerajaan tersebut. Kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok dan berhasil mencapai masa jayanya ketika berada di bawah pimpinan Kertanegara, hingga akhirnya bermunculan faktor keruntuhan Kerajaan Singasari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Beberapa Faktor Keruntuhan Kerajaan Singasari"

Posting Komentar